Efektifitas Audit Internal

Audit internal sebagai bagian dari unit organisasi perusahaan yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan/ monitoring atas proses bisnis dalam perusahaan. Paradigma lama, audit internal hanya fokus pada kinerja keuangan perusahaan, saat ini dengan banyaknya pembahasan dan penelitian mengenai peran penting audit internal bagi perusahaan semakin memperluar persan serta dan fungsi audit internal, audit internal yang lebih fokus pada pengamatan, penilaian dan perencanaan pengendalian risiko, atau sering disebut dengan audit berbasiskan risiko.

 

Peran audit internal, dan seberapa berpengaruhnya hasil temuan audit internal sangat dipengaruhi dengan seberapa efektifnya pelaksanaan audit. Fungsi audit yang efektif akan memberikan hasil audit yang berguna bagi pertumbuhan , kinerja perusahaan dalam memberikan dukungan untuk pencapaian tujuan perusahaan.

 

Beberapa temuan audit kadang terasa tidak bermanfaat, jauh dari substansi perbaikan, hanya sekedar “mencari” kesalahan tanpa memberikan solusi maupun pendapat untuk perbaikan. Tingkat kompetensi auditor, termasuk pemahaman atas siklus bisnis, siklus data, hingga siklus operasional sebagai salah satu syarat utama untuk melakukan identifikasi risiko perusahaan, dan menurut saya perencanaan audit seharusnya dipersiapkan dari daftar potensi risiko, tanpa itu semua akan menyebabkan aktivitas audit yang tanpa arah – hanya melakukan kegiatan rutin dan sekedar memenuhi realisasi rencana kerja audit.

 

Tentu saja, pengembangan peran audit sebagai mitra strategi dalam pencapaian tujuan perusahaan, harus pula merubah karakterisitik auditor yang sebelumnya sebagai “ksatria” menjadi seorang “pandito” untuk mencapai “swarga” dalam hal ini adalah peningkatan nilai perusahaan. “Kesatria” yang menangkap kegagalan, menjadi “Pandito” yang mencari penyebab timbulnya kesalahan, identifikasi masalah – menilai proses bisnis dari sisi potensi risiko secara lebih luas. Senjata audit internal berarti harus ditambah, yaitu “kemampuan memprediksi risiko”

 

Apa itu audit internal yang efektif ? pelaksanaan peran dan fungsi audit internal melalui proses audit oleh auditor yang berkompetensi, berkepribadian indpenden dan berintegritas, melalui tahapan audit yang efesien secara waktu, tenaga dan biaya, dengan menghasilkan temuan audit yang berpengaruh terhadap koreksi pengendalian manajemen, koreksi atas peran dan struktur organisasi, koreksi atas proses bisnis sebagai suatu usulan perbaikan sehingga mampu menjaga dan mempercepat proses bisnis perusahaan.

 

Dari beberapa literatur, salah satunya yang disampaikan oleh Standar Profesi Audit Internal , efektifitas audit adalah aktifitas fungsi audit, secara ringkas sebagai berikut :

  1. Temuan audit yang layak dan mampu mengungkap potensi risiko
  2. respons atas temuan, dan kemapuan dalam melakukan komitmen perbaikan
  3. kemampuan profesi auditor dan karakter auditor yang menunjang independensi, objektifitas dan integritas auditor
  4. Efesiensi biaya, sumber daya manusia dan biaya
  5. Peran serta dan dukungan manajemen perusahaan

Mari kita berupaya untuk perancangan dan pelaksanaan fungsi audit internal dengan tetap melakukan penilaian internal atau self assesment dari setiap aktifitas audit yang kita lakukan – untuk bertujuan peningkatan peran hasil audit dalam menunjang kemajuan dan pencapaian peningkatan nilai perusahaan

 

Opini Pribadi – by VED

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: